" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Karya Tulis Ilmiah Sosial

Posted by on 6 July 2010

Tidak berbeda halnya dari karya tulis ilmiah bidang ilmu pasti-alam, karya tulis ilmiah di bidang sosial merupakan sebuah hasil karya seorang ilmuan sosial dalam rentang perjalanan sesorang melakukan penelitian tentang femomena sosial budaya yang dikajinya. Apakah itu diperoleh melalui setudi pustaka, atau suatu kegiatan penelitian empiris; apakah itu terjadi di awal, di tengah, atau diakhir perjalanan ilmiahnya.

Suatu hal yang patut diperhatikan adalah pengajian buah pemikiran penulis dalam sebuah karya tulis ilmiah sebagai hasil dielektrika yang terjadi antara pemikiran konseptual-teoritis dan fakta sosial-budaya yang dikajinya. Dengan apapun juga paradigma yang mendasari karya tulis ilmiah sosial dan perspektif yang menlandasi pemikiran penulisnya, melalui karyanya itulah sanga penulis mengungkapkan argumennya tentang isu konseptual-teoritis dan/atau fenomena sosial-budaya yang dikaji. Argumen itu tentunya merupakan hasil dealektika dan sinopsis penulis yang ingin disebarluaskan agar pembaca, kolega ilmuan sosial, pemerhati, dan praktisi dapat memetik manfaat dari karya tulisnya. Namun, yang terpenting dari semua itu adalah makna karya tulis ilmiah itu bagi pengembangan ilmu sosial itu sendiri. (Sumber. Buku “Karya tulis ilmiah sosial: menyiapkan, menulis, dan mencermatinya” Oleh Yunita T. Winarto”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *