" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ilmuwan Ciptakan Robot Tokek

Posted by on 2 September 2010

Okezone.com LONDON – Seorang insinyur mekanik di Stanford, Inggris tengah mengembangkan sebuah teknologi perekat yang terinspirasi dari kaki lengket tokek. Jika teknologi ini berhasil maka memungkinkan orang untuk memanjat di permukaan halus dan vertikal.
Adalah Mark Cutkosky yang berhasil mengembangkan sebuah robot seukuran tokek bernama Stickybot. Robot ini dapat memanjat permukaan seperti panel kayu, logam dan kaca. Teknologi ini sendiri disebut sebuah produk yang disebut Z-Man yang akan memungkinkan manusia untuk mendaki dengan cara yang sama.
“Kecuali Anda menggunakan suction cups (semacam alat sedot karet berbentuk cangkir, yang lambat dan tidak efisien). Solusi lain di luar sana adalah dengan menggunakan adhesi kering, yang merupakan teknik yang sering digunakan oleh tokek,” katanya, sepeti dilansir Science Daily, Senin (30/8/2010).
Diterangkan olehnya, robot tokek terinspirasi dari teknik hewan yang sama. Dimana ujung kaki tokek ini berisi ratusan flap, yang ketipisannya sepuluh kali lebih tipis dari manusia. Di bagian punggunya diberi spatulae. spatulae yang sangat kecil, beberapa ratus nanometer, kegunaanya agar mereka berinteraksi dengan molekul permukaan pendakian.
Akibatnya, tokek yang bisa bertahan dan mendukung seluruh berat pada satu kaki dengan menempatkannya pada kaca dan kemudian menarik kembali.
“Ini sangat berbeda dari selotip atau duct tape, di mana jika Anda menekannya maka Anda harus mengupasnya terlebih dahulu,” kata Cutkosky.
Untuk meniru ini, Cutkosky dan timnya membuat bahan karet-seperti dengan rambut polimer kecil yang terbuat dari cetakan skala mikro.
Perekat memiliki ‘rambut’ sekitar 20 mikrometer lebar. Sehingga dengan mudah robot bergerak naik dinding rumah ke permukaan dengan mudah.
(tyo)

Share

4 Responses to Ilmuwan Ciptakan Robot Tokek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *