" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Toilet Ramah Lingkungan

Posted by on 15 September 2010

Netsains.Com – Seperti apakah toilet ramah lingkungan? Jawabannya, toilet yang memisahkan urin dan kotoran manusia. Toilet yang kita kenal selama ini, memiliki saluran pembuangan yang sama baik untuk urusan buang air kecil maupun besar. Ternyata cara itu dinilai kurang ramah lingkungan.

NoMix, sebuah toilet yang dirancang khusus oleh ilmuwan Swedia, dianggap cukup mampu menjawab masalah lingkungan. Sebenarnya ini bukan temuan baru, sebab NoMix sudah diciptakan sejak 10 tahun lalu. Sesuai namanya, NoMix memisahkan pembuangan urin dengan kotoran Buang Air Besar (BAB) ke tangki berbeda, sehingga penguraian alamiahnya lebih mudah dan cepat.

Toilet ini sudah diujicoba ke sejumlah negara di Eropa Tengah dan Utara, terutama di komunitas yang konsen dengan isu lingkungan. Setidaknya ada 38 proyek percobaan NoMix tersebar di eropa, dan 4 dari 5  dari 2700 responden menyatakan suka dengan toilet itu. Menurut mereka NoMix memuaskan dari sisi desain, aspek higienis, dan kenyamanan.

“Ini bukan hal yang baru, sebab sejak zaman kerajaan Romawi dulu sudah diberlakukan hal serupa,” jelas Judit Lienert, ilmuwan dari  Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology (Eawag). Memisahkan urin dan limbah BAB memiliki banyak manfaat. Menurut Lienert, lebih mudah untuk proses penjernihan kembali air yang sudah tercemar urin, sehingga bisa segera dimanfaat lagi. Urin mengandung nutrisi seperti nitrogen dan pospor yang berperan sebagai penyubur.

Pembuangan urin  berakhir di kebun atau lahan pertanian, sebab member manfaat pada tanaman, bukan ke laut yang membahayakan biota di sana.  Di sejumlah negara berkembang memang sudah ada sistem pemisahan serupa, hanya modelnya masih mahal.

Share

One Response to Toilet Ramah Lingkungan

  1. MarisolMullen25

    Do not cash to buy a house? Don’t worry, because it’s possible to take the credit loans to resolve such problems. Thus get a credit loan to buy everything you want.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *