" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Lomba Inovasi Pelajar (LIP)

Posted by on 2 January 2011

I. DESKRIPSI UMUM LIP
Bencana alam seringkali merupakan kejadian yang tak dapat dicegah terjadinya. Kondisi bencana, khususnya bencana alam yang tengah menimpa bangsa Indonesia perlu mendapat perhatian khusus dan serius. Permasalahan akibat bencana tidak hanya muncul pada saat bencana itu terjadi, tetapi juga setelahnya. Dalam upaya pemecahan permasalahan akibat bancana, diperlukan berbagai bentuk inovasi guna meminimalkan dampak negatif yang lebih besar.
Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk  membangun kembali ketahanan bangsa, termasuk untuk membangun kembali ketahanan pasca bencana. Inovasi berbasis pertanian yang fleksibel serta aplikatif untuk dijalankan di daerah bekas bencana akan sangat membantu kondisi pemulihan daerah serta pemulihan korban pasca bencana. Ide-ide inovasi baru yang diusulkan oleh pelajar Indonesia diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi penanganan bencana nasional.
Hal di ataslah yang melatarbelakangi kami untuk mengadakan Lomba Inovasi Pelajar (LIP) yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) yang bekerjasama dengan Forum for Scientific Studies (Forces) Institut Pertanian Bogor. Melalui lomba ini diharapkan para pelajar Indonesia dapat berinovasi di bidang pertanian lahan, perairan & perikanan, peternakan, pertanian hutan memberikan alternatif solusi penanganan bencana nasional.

Tema Perlombaan:
Peran Strategis Inovasi Berbasis Pertanian dalam  menanggulangi, atau memperbaiki kondisi pasca bencana di Indonesia.

II. PERSYARATAN DAN PETUNJUK PENULISAN
A. Persyaratan Administratif
1. Terdapat tiga tema utama dengan subtema yang dapat dipilih oleh peserta. Tema dan subtema LIP 2011 adalah sebagai berikut:
a. Peran Strategis Inovasi Berbasis Pertanian dalam menanggulangi, atau memperbaiki kondisi pasca bencana di Indonesia, subtema Pangan: Pangan darurat
b. Peran Strategis Inovasi Berbasis Pertanian dalam menanggulangi, atau memperbaiki kondisi pasca bencana di Indonesia, subtema Kesehatan: Obat alternatif
c. Peran Strategis Inovasi Berbasis Pertanian dalam menanggulangi, atau memperbaiki kondisi pasca bencana di Indonesia, subtema Lingkungan: Pemanfaatan Area pasca bencana dalam sektor pertanian, bioremediasi.
2.  Peserta lomba karya ilmiah adalah kelompok siswa / siswi SMA yang masih aktif. Status kesiswaan dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Pelajar dan surat keterangan dari kepala sekolah dan disertakan dalam pengiriman.
3.  Karya ilmiah ditulis oleh 2-3 siswa yang dipandu oleh seorang guru pembimbing.    Setiap sekolah berhak mengirimkan maksimal tiga kelompok untuk mengikuti lomba karya ilmiah.
4. Seorang guru pembimbing juga diperkenankan membimbing lebih dari satu kelompok pengusun karya ilmiah.
5.  Karya ilmiah disampul warna merah dan dijilid rapi.
6.  Karya ilmiah diserahkan dalam bentuk hardcopy sebanyak tiga (3) rangkap.
7. Pada bagian akhir karya, menyertakan halaman biodata penulis dan guru pembimbing mencakup nama, tempat tanggal lahir, kelas (untuk siswa), alamat dan telepon sekolah, prestasi yang perna diraih (jika ada), dan menyertakan pasfoto ukuran 3×4 (masing-masing 3 lembar) pada saat pengiriman

Info Selengkapnya dan Panduan >>>>>

II. PERSYARATAN DAN PETUNJUK PENULISAN
A. Persyaratan Administratif
1. Terdapat tiga tema utama dengan subtema yang dapat dipilih oleh peserta. Tema dan subtema LIP 2011 adalah sebagai berikut:
a. Peran Strategis Inovasi Berbasis Pertanian dalam menanggulangi, atau memperbaiki kondisi pasca bencana di Indonesia, subtema Pangan: Pangan darurat
b. Peran Strategis Inovasi Berbasis Pertanian dalam menanggulangi, atau memperbaiki kondisi pasca bencana di Indonesia, subtema Kesehatan: Obat alternatif
c. Peran Strategis Inovasi Berbasis Pertanian dalam menanggulangi, atau memperbaiki kondisi pasca bencana di Indonesia, subtema Lingkungan: Pemanfaatan Area pasca bencana dalam sektor pertanian, bioremediasi.
2. Peserta lomba karya ilmiah adalah kelompok siswa / siswi SMA yang masih aktif. Status kesiswaan dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Pelajar dan surat keterangan dari kepala sekolah dan disertakan dalam pengiriman.
3. Karya ilmiah ditulis oleh 2-3 siswa yang dipandu oleh seorang guru pembimbing.    Setiap sekolah berhak mengirimkan maksimal tiga kelompok untuk mengikuti lomba karya ilmiah.
4. Seorang guru pembimbing juga diperkenankan membimbing lebih dari satu kelompok pengusun karya ilmiah.
5.  Karya ilmiah disampul warna merah dan dijilid rapi.
6.  Karya ilmiah diserahkan dalam bentuk hardcopy sebanyak tiga (3) rangkap.
7. Pada bagian akhir karya, menyertakan halaman biodata penulis dan guru pembimbing mencakup nama, tempat tanggal lahir, kelas (untuk siswa), alamat dan telepon sekolah, prestasi yang perna diraih (jika ada), dan menyertakan pasfoto ukuran 3×4 (masing-masing 3 lembar) pada saat pengiriman.

Share

2 Responses to Lomba Inovasi Pelajar (LIP)

  1. suke-13

    mhn maaf…
    nomor cpna koq ga bs dihubungi y???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *