" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

56 Kampus menghadiri Lokakarya GIPI

Posted by on 31 January 2011

Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) kluster mahasiswa merupakan lembaga yang concern terhadap perkembangan kapasitas akademik dan keprofesian di kalangan mahasiswa. Kepedulian ini diwujudkan dalam bentuk kemitraan antara MITI-Mahasiswa dengan lembaga keilmiahan serta pendampingan terhadap lembaga keilmiahan mahasiswa di tiap perguruan tinggi yang sudah bermitra dengan MITI-Mahasiswa, khususnya bagi perguruan tinggi yang baru merintis terbentuknya lembaga keilmiahan mahasiswa si kampus masing-masing. Selain itu, MITI-Mahasiswa juga memfasilitasi proses transfer informasi dan supervisi dari perguruan tinggi yang sudah stabil kondisi lembaga keilmiahannya kepada perguruan tinggi yang baru merintis lembaga keilmiahan maupun sudah memiliki lembaga keilmiahan namun belum stabil kondisinya.

Salah satu agenda besar MITI-Mahasiswa yang berfungsi memfasilitasi mekanisme transfer informasi tersebut adalah dengan melaksanakan lokakarya MITI-Mahasiswa pada tanggal 28-29 Januari 2011 di Gedung Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian di Ciawi, Bogor. Lokakarya ini dihadiri oleh 132 peserta perwakilan dari 56 kampus di Indonesia. Lokakarya membahas tentang pengembangan lembaga keilmiahan berdasarkan karakteristik perguruan tinggi. MITI-M mengkarakterisasi perguruan tinggi di Indoneia ke dalam lima karakter, yaitu perguruan tinggi berbasis univeritas, perguruan tinggi berbasis teknologi, perguruan tinggi berbasis keguruan, perguruan tinggi berbasis vokasi (diploma), dan perguruan tinggi berbasis agama Islam. Pengelolaan lembaga keilmiahan di masing-masing perguruan tinggi ini nantinya diharapkan dapat menyesuaikan dengan karakteritik masing-masing perguruan tinggi sehingga benar-benar dapat memfasilitasi kebutuhan mahasiswa di perguruan tinggi yang bersangkutan terkait keilmiahan, akademik, dan keprofesian sesuai core-competence perguruan tinggi masing-masing. Lokakarya ini juga membahas draft yang harapannya dapat dijadikan model lembaga keilmiahan untuk perguruan tinggi sesuai dengan karakteristik di atas.

Akhirnya, output yang diharapkan dari lokakarya ini adalah adanya lembaga keilmiahan yang stabil di tiap perguruan tinggi yang bermitra dengan MITI-M, outcome yang diharapkan adalah terwadahinya pengembangan riset ilmiah mahasiswa serta tertransformaikannya hasil-hasil riset tersebut dalam aksi nyata di lapangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Impact yang diharapkan adalah terwujudnya Indonesia yang lebih baik dan mapan dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memasyarakat secara organik.

Terimalah salam dari MITI-Mahasisa. Jayalah Indonesia!!! (YS, 30/01/11)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *