" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Berprestasi melalui MITI Award 2011

Posted by on 31 January 2011

Bogor, 29 Januari 2011 – Salah satu parameter kemajuan bangsa adalah sejauh mana perkembangan riset dan teknologinya. Tidak bisa dipungkiri bangsa-bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai kemampuan riset dan pengembangan teknologi yang terus tumbuh dengan pesat. Sehingga, Indonesia sebagai negara berkembang seyogyanya mempunyai perhatian yang khusus terhadap perkembangan riset dan teknologi agar mampu bersaing di kancah internasional.

Pemuda sebagai iron stock tentu mempunyai peran yang sangat besar terhadap pembembangan dan eksistensi riset dan teknologi sebuah bangsa. Melalui tangan pemuda maka dihasilkanlah karya-karya miniatur perkembangan kemajuan bangsa. Sebagai generasi penerus bangsa mempunyai peluang yang sangat besar untuk melakukan pengembangan riset dan teknologi, karena mahasiswa merupakan cikal bakal harapan bangsa yang paling diharapkan untuk bisa berperan aktif dalam proses pembangunan yang berbasis keilmuan. Tentu saja keterlibatan pihak pendidikan juga harus serius untuk memajukan riset dan teknologi.

Berangkat dari hal tersebut Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI)-Mahasiswa bersama Forum for Scientific Studies (FORCES) IPB menyelenggarakan GEBYAR INOVASI PEMUDA INDONESIA. Tema kegiatan tahun ini adalah INOVASI PEMUDA UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING BANGSA. Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi, Pameran Inovasi, MITI Award, MITI Paper Chalenge (MPC), Lomba Inovasi Pelajar (LIP), Lokakarya Lembaga Riset dan Jaringan Keilmuan Nasional, Bedah Inspirasi Inovasi (BII), dan Workshop Enterpreneurship Pemuda.

MITI Award adalah sebuah program yang dibuat untuk para Pemuda Indonesia yang memiliki daya juang tinggi untuk pembangunan bangsa dengan  berkarya melalui prestasi yang dimiliki. MITI Award yang merupakan rangkaian dari acara GIPI 2011 (GEBYAR INOVASI PEMUDA INDONESIA) diselengarakan pada hari Sabtu, 29 Januari 2011 di SC KM IPB (STUDENT CENTRE). Adapun lima finalist MITI Award yaitu :

1. Ahmad Nopriansyah (Univ. Jambi/FKIP/Ekonomi/2005)

2. B. Deviana Marlina Sari (Univ. Mataram/FKIP/Pend. B. Inggris/2007)

3. Nur Isnaini (UNDIP/FE/Manajemen/2006)

4. Sri Rahayu Indah S. (UNHAS/FE/Manajemen/2007)

5. Syahroni (IPB/FPIK/Ilmu & Teknologi Kelautan/2006)

MITI Award berlangsung dalam dua kompetisi yang dalam keseluruhannya “full in english” dengan tiga juri yang berkompeten, diantaranya 1. Ratih Fitria Putri, M.Sc. (MITI-Mahasiswa), 2. Dr. Irfan Syauqi Beik (IPB Lecturer), 3. Laily Dwi Arsyanti, Se, M.Sc .

Pada Babak I finalist diberikan 20 pertanyaan pendek seputar pengetahuan umum, atau yang terkait dengan keilmuan. Mungkin sekitar 15 pertanyaan. Untuk teknisnya, 1. Dijawab rebutan dan 2. Pertanyaan diberikan berurutan untuk setiap orang, kalau tidak bisa jawab baru dilempar ke peserta yang lain.

Selanjutnya pada babak II finalist diberikan studi kasus yang menjelaskan tentang potensi dan problem solving dalam permasalahan di daerahnya masing-masing, setelah itu akan ada Tanya jawab oleh Dewan Juri terkait hal tersebut.

Dan akhirnya terpilihlah tiga juara terbaik di MITI Award 2011 ini, yaitu Juara I diraih oleh Sri Rahayu Indah S. (UNHAS/FE/Manajemen/2007), Juara II diraih oleh Syahroni (IPB/FPIK/Ilmu & Teknologi Kelautan/2006), dan Juara III diraih oleh Nur Isnaini (UNDIP/FE/Manajemen/2006). Selamat untuk semua pemenang, kalian semua adalah yg terbaik.

“teruslah berkarya memberikan yang terbaik untukmu, untuk agamamu, dan untuk bangsamu tercinta, Indonesia…” (RZ, 30/01/11)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *