" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

MPC Sarana Inovasi Mahasiswa

Posted by on 31 January 2011

Suasana Presentasi MPCMITI PAPER CHALLENGE 2011

Bogor, 29 Januari 2011 – Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) bekerjasama dengan Forum For Scientific Study (FORCES) IPB pada tanggal 28-30 Januari 2011 mengadakan agenda tahunan SEMILOKA yang mengundang mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk turut berpartisispasi dalam perubahan bangsa Indonesia menuju inovasi ilmu pengetauan dan teknologi. SEMILOKA kali ini dikemas dalam acara Gebyar Inovasi Pemuda Indonesia (GIPI). GIPI dimeriahkan juga dengan diadakannya lomba-lomba yang memicu kreatifitas dan inovasi dari mahasiswa dan pelajar. Salah satu lomba yang di adakan adalah MITI Paper Challenge (MPC). Kegiatan ini, merupakan ajang kompetisi mahasiswa dan atau peneliti dalam penyusunan suatu  karya tulis dalam bentuk tulisan  ilmiah. Karya tersebut ditulis berdasarkan pada kajian terhadap suatu permasalahan atau kegiatan yang telah selesai dilakukan oleh kelompok mahasiswa  atau perorangan. Sumber  penulisan  ilmiah  tersebut  adalah  kajian  atau  kegiatan  ilmiah  yang  memiliki aspek  pemecahan  masalah  (problem  solving).

Ajang kompetisi ini dilakukan tingkat nasional dan terbuka bagi semua bidang ilmu. Jumlah paper yang masuk dari seluruh Indonesia mencapai 87 paper yang kemudian diseleksi menjadi 5 paper dan mengikuti seleksi presentasi di IPB pada tanggal 29 Januari 2011. Selain itu juga terdapat apresiasi paper terbaik perbidang yang dilombakan untuk 21 karya terbaik. Setelah proses final dilakukan terpilihlah juara-juara MPC. Juara pertama di raih oleh Artina Prastiwi dari Universitas Gajah Mada dengan judul paper Uji Aktivitas Antiviral Infus Ekstrak Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa) In Ovo Dalam Penghambatan Replikasi Virus H5n1 Sebagai Vaksin Organik Pioner Di Asia. Juara dua di raih oleh tim M. Choirul Mizan, Asset At-taqwa, Raditya Weka N, Sarah dan Samsul Arifin dari Univeristas Airlangga dengan judul karya Potensi Nanopartikel Pinostrobin Sebagai Antikanker dengan Mekanisme Targeted Drug Delivery. Juara ketiga diraih oleh tim R. Menner. Z. Noviyanto, Aditya Rinus Putra, Fahrian Abqari, Nisa Yulianti. S dan Muhammad Hafids dari Universitas Indonesia dengan judul karya Kapasitas Adsorpsi TekananTinggi Gas Metana Pada Carbon Nanotube Untuk Aplikasi Adsorptive Storage. Selain itu juga terdapat juara harapan satu yang diraih oleh Gamal dan Zaki Yamani dari Univesitas Brawijaya dengan judul Analisis Potensi Vektor Recombinant Adeno Associated Virus (rAAV) dalam Mengekspresikan RNA antisense E7 dari strain HPV16 Sebagai Pendekatan Efisien pada Transfeksi Terapi Gen Kanker Serviks. Sedangkan juara harapan dua diraih oleh tim Arif Yoga Pratama, Annisa Saraswati Sudarto dan Fifit Astuti dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul karya Pemanfaatan Biji Kelor (Moringa Oleifera)  Pada Proses Pengolahan Air Bersih Menggunakan Solar Water Disinfection.

Penganugrahan tropi dari Menristek kepada pemenang dilakukan pada acara puncak Gebyar Inovasi Pemuda Indonesia di gedung Graha Widya Wisuda IPB yang dihadiri oleh 2000 orang lebih. Tropi menristek lansung diberikan oleh Gubenur Jawa Barat bapak Ahmad Heriyawan. Karya-karya yang dibuat para finalsi sangat luar biasa dan sangat menginspirasi inovasi ilmu pengetahuan di masa depan, sehingga karya-karya finalis MPC akan ditindaklanjuti langsung oleh Kementrian Riset dan Teknologi untuk mendapatkan pendampingan, pengembangan dan publikasi ilmiah di jurnal. Selamat berkarya dan selamat berinovasi bagi seluruh mahasiswa Indonesia untuk Indonesia yang terus maju. (SL, 30/01/11)

Share

5 Responses to MPC Sarana Inovasi Mahasiswa

  1. ADEV

    perlombaan MITI PAPER CHALANGE yang terakhir katanya sertifikat diberikan kepada seluruh anggota. Tapi kok gak ada ya nyampe sampe sekarang ditangan kami??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *