" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Mahasiswa Universitas Brawijaya goes to Forces IPB

Posted by on 1 November 2011

Press Release

Mahasiswa Universitas Brawijaya goes to Forces IPB

 

Bogo (16/08/2011) – Siang ini, suasana koridor Student Centre Kemahasiswaan IPB terlihat ramai dengan mahasiswa beralmamater badge Universitas Brawijaya (UB). Kunjungan mahasiswa UB ini dalam rangka studi banding ke UKM Forum for Scientific Studies (FORCES). Tepatnya pukul 11.05 WIB, acara penyambutan mahasiswa UB dari Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi (LSME) dibuka oleh dua MC yang berasal dari FORCES, yakni Anik Setiyaningsih dan Tatang Gunawan. Pembukaan yang dilakukan dengan puisi oleh kedua MC tampaknya cukup menarik perhatian 42 mahasiswa LSME tersebut. Rangkaian acara penyambutan tersebut terdiri dari sambutan beberapa pihak petinggi IPB, seperti Ary Santoso (Wapresma IPB 2010/2011), Deslaknyo (Sekjen DPM KM IPB 2010/2011), dan Suci Latifah (Wakil Direktur FORCES 8). Walaupun rentetan sambutan yang berlangsung cukup lama, namun hal ini tidak menimbulkan kebosanan pada mahasiswa yang berasal dari Malang tersebut.

Sambutan wakil direktur FORCES yang memaparkan sekilas tentang FORCES pun dilanjutkan dengan pemaparan mengenai LSME. Pemaparan mengenai LSME disampaikan oleh ketua LSME itu sendiri, yaitu Ridwan, mahasiswa akuntansi 2008. LSME merupakan sebuah komunitas keilmiahan tingkat fakultas yang berada di bawah BEM Fakultas Ekonomi. LSME yang sudah berdiri sejak tahun 1993 ini memiliki tujuan membangun minat dan bakat keilmiahan mahasiswa UB, khususnya mahasiswa fakultas ekonomi UB. Seusai pemaparan tentang LSME, dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan (Ishoma). Seluruh mahasiswa UB yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2008, 2009, dan 2010 itu dipandu menuju masjid Al-Hurriyah IPB, yang konon merupakan masjid kampus terbesar kedua di Indonesia setelah UNM.

Klimaks acara pun berlangsung pukul 13.47 WIB, dengan adanya Forum Group Discussion (FGD) yang dibagi-bagi menjadi 5 grup, yaitu grup Badan Pengurus Harian-KSB; grup Service, Risedu dengan PNP; grup HRD dan SDM; grup Company dan KWU(kewirausahaan); serta grup ComDev-Kominfo dengan Humas. “Sangat banyak manfaat yang diperoleh dari FGD kali ini. Semoga bisa menjadi perbaikan bagi LSME dan FORCES untuk ke depannya” ujar salah seorang mahasiswa UB pada penghujung acara. Setelah saling memberi cinderamata, Kegiatan penyambutan studi banding UB ke FORCES ini ditutup khidmat dengan pembacaan doa oleh Pauzi dari anggota FORCES.

Sebelum meninggalkan daerah kampus Dramaga yang sore hari itu terlihat mendung, FORCES dan LSME mencetak momen dengan foto bersama di depan SC. Walaupun kunjungan dilakukan dalam waktu yang singkat, keakraban yang tercipta di antara FORCES dan LSME tetap tercipta. Ke depannya, LSME dan FORCES akan terus menjalin tali silaturrahim dan kerjasama. Kerjasama sesama komunitas keilmiahan kampus dapat terjalin dengan saling berbagi informasi lomba, sharing pengalaman, dan saling berkunjung. Banyak hal yang dapat dipelajari FORCES dari LSME, di antaranya reuni akbar untuk menjaring alumni serta pendataan rinci anggota setiap kali pengkaderisasian.

Sedikitnya waktu kunjungan sangat disayangkan oleh pihak LSME, sehingga mereka kurang dapat berkeliling IPB dan mengetahui IPB lebih lanjut. Namun walaupun begitu, kunjungan yang berakhir pukul 15. 35 WIB itu akhirnya berakhir sukses. “semoga lain kali kita bisa berkunjung ke sini lagi dan berkeliling IPB” ujar salah seorang mahasiswi Brawijaya dengan logat jawanya yang kental.

 

(QAY/ASE)

Cp: Aldian (08563992696)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *