" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

TAZKIA Accounting Challenge (TAC)

Posted by on 17 February 2012

Tazkia Accounting Challenge (TAC) 2012

Peserta: Siswa-siswi SMA dan se-derajat di kota bogor

Tazkia Accounting Challenge adalah suatu program yang diselenggarakan oleh Himpunan Akuntansi Islam (HAMAS) STEI TAZKIA yang didalamnya mencakup pembahasan mengenai akuntansi.

Tazkia Accounting Challenge tetap mengedepankan acara kompetisi yang merupakan suatu ajang dimana para siswa-siswi SMA dan se-derajat di kota Bogor  dapat menunjukkan kompetensinya di bidang akuntansi dengan membuktikannya secara kompetitif.
ü  Accounting Challange
Waktu : Sabtu, 10 Maret 2012
Tempat : Al-Hambra STEI TAZKIA
  • Tema Acara
“Islamiac Accounting is My Choise”
  • Dasar Penyelenggaraan
ü  Program Kerja Tahunan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Islam (HAMAS) STEI TAZKIA
  • Penyelenggara
Himpunan Mahasiswa Akuntansi Islam (HAMAS) STEI TAZKIA
  • Biaya pendaftaran per tim Accounting Challenge
Kompetisi babak utama : Rp 200.000,-/tim
Hadiah
ü Juara I : Rp 3.000.000 + sertifikat
ü Juara II : Rp 2.100.000 + sertifikat
ü Juara III : Rp 1.500.000 + setifikat
IX.    Mekanisme Pendaftaran
ü Pendaftaran dimulai tanggal 1-29 februari 2012
ü Mendowload formulir pendaftaran di bloghamastazkia.tumblr.com
ü Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,-/ tim melalui rekening Bank Syariah a/n Muh. Nur 1410037000
ü Mengirim formulir pendaftaran yang sudah isi ke Emailhamastazkia@gmail.com
ü Setiap peserta melakukan konfirmasi  atas pembayaran biaya pendaftran ke panitia :
1.       Muhammad Nur 081355903353/085710219316
2.       Rudiansyah Yuliatma 08568112318
X.      Tahap Kompetensi
ü  Tahap Pertama : Written Test
Pada tahap ini, peserta dihadapkan kepada 100 soal dan soal penyusunan laporan keuangan  dimana waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan soal tersebut hanya 120 menit. Jawaban yang benar bernilai +4,salah -1 dan 0 untuk jawaban yang tidak berhasil dijawab. Tim yang lolos adalah 5 tim urutan teratas dan berhak maju kebabak selanjutnya di hari yang sama. Jika ada kesaaan nilai, tim yang mempunyai jumlah benar terbanyaklah yang berhak mendapatkan peringkat lebih tinggi.
ü  Tahap Kedua : Amazing Race
Tahap Amazing Race merupakan tahap yang paling menarik dalam kompetisi ini. Tahap ini menuntut peserta untuk dapat menjawab soal-soal di pos-pos soal yang telah disediakan oleh panitia tidak hanya benar namun juga cepat. Dalam tahap ini akan dibagi menjadi delapan pos yang terletak dikawasan kampus STEI TAZKIA di Sentul City. Setiap pos akan mempunyai tantangan yang berbeda-beda dan dijaga oleh panitia yang bertugas membagikan soal dan mengawasi jalannya pelaksanaan kompetisi ini. Dalam setiap pos disediakan 3 soal uraian dalam waktu 3 menit. Peserta akan mendapatkan nilai 10 untuk jawaban yang benar dan -5 untuk jawaban yang salah atau nilai 0 untuk jawaban yang kosong.
ü  Tahap Ketiga : Final Round
Tahap ketiga ini merupakan tahap terakhir seluruh rangkaian accounting challenge. Dalam tahap ini kemudian dibagi menjadi tiga bagian besar yakni tahapan Pandora box, tahapan cepat tepat, serta tahapan bid and win.
Bagian pertama adalah Pandora box. Pada bagian ini seluruh tim disediakan 3 kotak yang didalamnya berisi sebuah soal. Sehingga tim berhak memilih salah satu dari kotak tersebut. Setiap kotak memiliki 5 soal, dimana nilainya bertingkat dari 100-500 poin. Bagian kedua cepat tepat. Dalam tahap ini peserta akan diberikan soal rebutan dengan poin 100 untuk jawaban benar dan dikurangi 50 untuk jawaban yang salah. Bagian ketiga dalam tahapan ini adalah bid and win, setiap peserta akan dihadapkan pada sebuah pertanyaan  dimana peserta diperbolehkan untuk mempertaruhkan sejumlah nilai, yang memiliki batas atas score yang mereka dapatkan dari babak Pandora box dan cepat tepat. Nilai yang mereka pertaruhkan ini akan dituliskan pada sisi depan kertas yang telah dibagikan dan pada bagian belakang kertas bertuliskan jawaban dari setiap tim. Jika ada peserta yang bernilai negative maka tidak bisa mengikuti bagian ini. Namun jika semua peserta mempunyai nilai negative, maka peserta dengan nilai tertinggilah yang berhak memenangkan kompetisis ini dan bagian bid and win ini tidak dilaksanakan.
Pemenang Accounting Challenge ini berdasarkan nilai tertinggi yang didapat peserta tahap final ini.

Ketentuan umum:

  1. Peserta accounting challenge adalah sebuah kelompok beranggotakan tiga orang siswa-siswi  yang terdaftar sebagai siswa-siswi yang masih aktif di sekolah bersangkutan.
  2. Setiap anggota kelompok harus sesuai dengan identitas yang didaftarkan kepada panitia TAC. Kelompok yang bersangkutan akandinyatakn gugur apabila terdapat anggota kelompok yang tidak sesuai dengan identitas yang telah didaftarkan.
  3. Bilamana terjadi suatu halangan yang menyebabkan anggota dari suatu kelompok tidak dapat mengikuti rangkaian kompetisi, kelompok tersebut wajib melakukan konfirmasi kepada panitia. Kelompok tersebut masih diperkenankan mengikuti rangkaian acara kompetisi tanpa adanya perubahan pada anggota kelompok yang telah didaftarkan.
  4. Peserta kompetisi diwajibkan menggunakan pakaian yang rapi  dan sopan. Pakaian yang diperbolehkan adalah pakaian seragam sekolah masing-masing dan memakai sepatu.
  5. Peserta kompetisi  TAC diwajibkan mengikuti Technical Meeting yang diselenggarakan pada hari Kamis, 8 Maret 2012 di STEI TAZKIA Sentul City pkl 16.00 WIB. Setelah Technical meeting selesai, panitia mengasumsikan bahwa seluruh peserta telah memahami dan menerima peraturan kompetensi yang berlaku dan panitia tidak menerima protes yang akan dilayangkan pada panitia di kemudian waktu.
  6. Pada saat daftar ulang pada hari kamis, peserta diwajibkan membawa tanda bukti pembayaran asli dan kartu pelajar.
  7. Peserta diwajibkan membawa sendiri segala peralatan yang diperlukan selama jalannya kompetisi. Peserta juga diperkenankan menggunakan kalkulator selama kompetisi dengan spesifikasi maksimal setingkat casio fx-991ms dan tidak diperkenankan menggunakan kalkulator financial dan kalkulator handphone.
  8. Peserta diwajibkan menonaktiffkan segala macam perangkat keras komunikasi selama jalannya kompetisi.
  9. Jika ada kecurangan yang ditemukan oleh panitia sebelum-selama-setelah kompetisi berlangsung, peserta yang bersangkutandinyatakan gugur.
  10. Selama kompetisi berlangsung, peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruang kompetisi.
  11. Pelanggaran terhadap ketentuan diatas akan ditindak tegas oleh panitia dan peserta yang bersangkutan akan didiskualifikasi.
  12. Keputusan dewan juri bersifat Mutlak dan Tidak Dapat Diganggu Gugat.
  13. Hal-hal lain yang tidak tercantum di atas akan disampaikan pada saat Technical Meeting.
  14. Dalam kondisi situasional yang tidak tercantum di atas, panitia berwenang mengambil keputusan tegas dan konsisten dan keputusan tersebut Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Info selengkapnya: http://hamastazkia.tumblr.com/post/17601479366/tazkia-accounting-challenge
CP: 081355903353 / 085710219316 (NUR)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *