" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Jurnalistik Research

Posted by on 9 April 2015

18311_10152891100004585_1785170871621674610_n (1)

#LatePost

UKM Forces IPB memiliki departemen Risedu yang bergerak di bidang riset dan edukasi. Sejak kabinet kupu-kupu, departemen ini memiliki sub departemen riset yang dikomandani oleh Tresna Mochammad Muharam (Forces 9). Sub- dept ini memiliki program kerja Jurnalistik Research (JR), kegiatan pelatihan menulis karya ilmiah populer, fotografi dan mini riset. Tahun ini pada kabinet Kita Muda, sub-dept ini masih ada dan tetap bekerja sama dengan foundernya. Hal yang menarik dari program ini ialah adanya ekspansi yang dilakukan oleh foundernya. Program JR dikembangkan menjadi program pemberdayaan masyarakat dengan tema “Ngamumule Pangan Lokal (Penganan khas Bogor)”. Seperti yang dilansir Republika Online edisi 25 Maret 2015, Komunitas Pemberani menjaring enam proyek sosial yang dianggap layak untuk mendapatkan pembiayaan. Enam proyek tersebut merupakan hasil seleksi proposal yang diterima di laman Wujudkan.com. Jurnalistik Research digagas oleh mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Tema yang diusung adalah melakukan pendataan terhadap pangan lokal Bogor. ”Output-nya berupa buku yang akan berisi mengenai penganan khas Bogor. Di dalamnya berisi mengenai sejarah, bagaimana cara pembuatannya dan inovasi yang mungkin dapat dikembangkan,” ujarnya. Selengkapnya check this

  • Republika Online
  • Proyek dengan judul besar JR ini ditampilkan pada halaman Wujudkan.com untuk mencari donatur dalam tenggat waktu tertentu. Proyek dideskripsikan sejelas mungkin dengan kelebihan atau keunikannya, kemudian dibuatlah sejenis MOU sederhana oleh kreator proyek untuk calon donatur. MOU ini bisa dibuat semenarik dan semeyakinkan mungkin untuk menarik minat donatur. Hingga hari ini proyek JR dengan tema “Ngamumule penganan lokal” baru mendapat satu donatur, yaitu Komunitas Pemberani. Waktu yang tersisa untuk pencarian donatur hingga hari ini ialah 47 hari lagi dengan total kekurangan dana sekitar 10 juta rupiah. Selain dipublikasikan di Republika Online, rupanya kegiatan Komunitas Pemberani dalam membiayai enam proyek tersebut juga menarik perhatian harian Merdeka.com. Penulis menyatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh enam tim yang mendapat suntikan dana ini patut untuk ditiru anak muda zaman sekarang. sumber:

  • Merdeka.com
  • . Detail kegiatan dari Jurnalistik Research yang diprakarsai oleh Tresna dapat dilihat di sites di bawah ini:

  • Wujudkan.com
  • Setelah dilihat barangkali Anda berminat untuk menjadi donatur proyek ini..

     

    jhgk

    jhguj

    rep

    kjfhks

    Pangan lokal merupakan aset budaya yang sangat berharga, jangan sampai kita tinggal di suatu daerah tapi tidak tahu tentang sejarah dan cara pembuatan penganan yang sering kita temui atau bahkan kita konsumsi. Semangat. Go Scientist!!! :) (yaw).

    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *