" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

SEKOLAH FORCES 13 – 1

Posted by on 23 February 2016

Don’t You Dare to Explore Your Idea ?

Ide bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicari, mereka selalu hadir di sekeliling kita. Namun terkadang, kita seolah kesusahan menemukan sebuah ide. Ada juga orang yang merasa mempunyai banyak ide namun tidak tahu bagaimana mewujudkan ide tersebut menjadi sebuah karya yang indah. Itulah sebabnya, para anggota UKM Forces IPB berkumpul di Gedung B1C1 Fakultas Kehutanan pada Minggu, 14 Februari 2016 untuk mengikuti kegiatan bertema “Exploring Your Idea”.  Setelah menjalani proses seleksi ketat dalam Open Recruitment Forces 13, kini para anggota baru UKM Forces IPB ini akan ditempa di Sekolah Forces.

Kegiatan “Explore Your Idea” merupakan kegiatan pembuka dari serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Sekolah Forces. Dalam kegiatan ini, para anggota UKM Forces IPB mendapatkan pembekalan seputar tips-tips menemukan ide dan mengeksplor ide yang dimiliki. Pembicara yang hadir adalah mantan Direktur Forces tahun 2012/2013, Teki Sinatria. Beliau merupakan mahasiswa IPB angkatan 47. Beliau adalah salah satu penggerak Agri Socio bersama rekannya Alfi Irfan dan beliau juga penerima beasiswa S2 LPDP.

Acara dimulai sejak pukul 13.15 hingga pukul 16.00 WIB. Pembicara membuka materi dengan sebuah petuah penting yang demikian meluruskan niat. Kata-kata Albert Einstein menjadi senjatanya,”Try not to become of success, but rather try to become a man of value”. Pembicara menekankan bahwa janganlah kita hanya memilih menjadi seseorang yang sukses namun menjadi seseorang yang berarti itu menjadi lebih penting. Begitu pula dalam membuat sebuah karya, kita harus membuat karya yang bisa membawa dampak pada orang lain bukan hanya sukses untuk memenangkan lomba. Ketika bermanfaat bagi orang lain, niscaya kesuksesan itu akan mengikuti. Setiap karya yang kita buat haruslah karya yang bisa dipertanggungjawabkan.

Setelah cukup memanaskan suasana berkarya, pembiacara menyampaikan tips-tips untuk menggali ide-ide yang kita miliki. Pertama, ide itu akan muncul ketika kita peka dengan lingkungan sekitar. Setiap peristiwa di sekitar kita merupakan hal yang bisa direfleksikan. Banyak membaca dan berdiskusi menjadi poin penting dalam proses pembelajaran untuk mengasah ide yang kita miliki. Kemudian, mencatat ide setiap saat dimanapun berada juga hal penting. Berpikir kreatif saat sebuah masalah muncul juga salah satu jalan mengeksplorasi ide-ide kita. Dipenghujung penjelasan, masing-masing peserta diminta menuliskan ide yang mereka miliki, lalu beberapa orang mengemukakan idenya di depan teman-temannya. Tanggapan dari peserta lain juga menghidupkan suasana sore itu. Saling bertanya dan memberikan tanggapan merupakan langkah yang penting bagi para anggota baru UKM Forces untuk belajar mengemukakan pendapat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Sekolah Forces kini juga terintegrasi dengan program tentoring. Program tentoring berjalan secara berdampingan dengan Sekolah Forces untuk menjamin keberlanjutan dan keefektifan proses pembelajaran sehingga terdapat proses pengayaan materi dan pengembangan materi bersama senior yang lebih berpengalaman. Selain itu penugasan akan lebih diarahkan kepada aksi nyata dalam perlombaan-perlombaan yang wajib diikuti. Masing-masing anggota paling tidak pernah mengikuti setiap sub tema dalam perlombaan. Sekolah Forces kali ini memang dibuat begitu terperinci bahkan terdapat kontrak kesepakatan yang dibuat dengan peserta agar kegiatan dapat berjalan dengan baik hingga akhir Sekolah Forces. Di akhir kegiatan akan ada evaluasi pembelajaran berdasarkan kehadiran, penugasan, dan prestasi. Sistem IP Sekolah Forces juga diberlakukan (cwa).

IMG_0330

Ekspresif : Anggota baru Forces 13 tampak begitu antusias dan memperhatikan penjeladan materi “Explore Your Idea”

IMG-20160214-WA007

Ramai : Ruang B1C1 dipenuhi para scientist masa depan yang sedang menimba ilmu.

IMG_0329

Senyum : Penyerahan sertifikat oleh Kepala Sekolah Forces 13, Bagas Adji Prabowo (kiri) kepada Teki Sinatria (kanan).

Source:
Departemen HRD

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *