" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Sekolah FORCES #2

Posted by on 6 March 2016

Now Your Turn to Explore the World

SF 2 1

Menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya. Padahal di zamannya teknologi penulisan belum semudah seperti sekarang. Saat ini kita menulis dan mempublikasikannya demikian mudah dengan hadirnya teknologi internet. Itulah sebabnya, para anggota UKM Forces IPB berkumpul di Gedung RK Pinus 1 pada Minggu, 28 Februari 2016 untuk mengikuti kegiatan bertema “Now Your Turn to Explore The World”.
Setelah mengikuti Sekolah Forces I, para anggota Forces 13 kembali mengikuti rangkaian Sekolah Forces guna meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka seputar kepenulisan. Sekolah Forces yang bertemakan “Now Your Turn to Explore The World” kali ini, para anggota UKM Forces IPB mendapatkan pembekalan mengenai KTI dan Paper. Pembicara yang hadir adalah anggota Forces 10, Asya Fathya Nur Zakiyah. Beliau merupakan mahasiswa IPB angkatan 48. Beliau terbilang cukup berpengalaman dalam bidang kepenulisan. Baru-baru ini beliau juga meraih sejumlah prestasi baik tingkat Nasional maupun Internasional.
Pukul 13.15 WIB acara dimulai dengan diawali tilawah. Seperti biasa, sebelum pemateri dipersilahkan maju, operator memutar video motivasi terlebih dahulu guna menarik simpati peserta agar lebih antusias dan fokus ke depan. Setelah kurang lebih 3 menit, pemateri memulai memaparkan materinya dengan diawali lontaran pertanyaan-pertanyaan singkat mengenai KTI dan paper. Terlihat antusiasme peserta saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Melihat antusiasme peserta saat menanggapi pertanyaan-pertanyaan, beliau kemudian melanjutkan materi dengan memberikan beberapa tips menulis. Baginya, menulis itu berawal dari adanya niat dan usaha. Membuat suatu karya tulis tidak boleh dadakan melainkan harus sudah direncanakan terlebih dahulu, jangan mudah panik, dan jangan lupa untuk selalu bersedia meluangkan waktu.
Pemaparan materi kali ini juga disisipkan sesi tanya jawab. Setelah dirasa cukup mendapatkan materi, mereka pun diminta untuk berkumpul bersama kelompok mereka masing-masing sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan. Setelah terbentuk beberapa kelompok kecil, mereka diberikan waktu kurang lebih 15 menit untuk menuangkan ide kreatif mereka secara singkat pada secarik kertas beserta kerangka pemikirannya yang nantinya akan mereka presentasikan ke depan bersama anggota kelompoknya. Pemilihan kelompok yang nantinya maju dipilih secara acak oleh Kak Asya sendiri sebanyak 3 kelompok.
Kegiatan presentasi kemudian ditutup dengan beberapa pesan, ide untuk menulis bisa datang dari mana saja termasuk dari teman kita tergantung bagaimana cara kita menemukan ide tersebut. Ketika hendak memilih judul karya tulis, haruslah yang menarik dan bombastis. Mulailah untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna ketika berkumpul bersama teman. Diskusikan hal-hal yang bermutu dan bermimpilah yang realistis.
Di penghujung acara, MC menyampaikan tugas yang harus mereka kerjakan termasuk timeline perlombaan yang diadakan bulan ini dengan harapan karya mereka bisa dipublikasi ke khalayak ramai. Tak lupa MC membagikan beberapa hadiah kepada 3 orang pendatang pertama sebagai bentuk apresiasi (Gkj).

Suasana Pemberian Materi

Suasana Pemberian Materi

Pemberian Kenang-Kenangan

Pemberian Kenang-Kenangan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *