" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Jurnalistik Riset feat Nasional Geografi Indosesia

Oleh : Tresna Mochamad Muharam (FMIPA/GFM 48)

Menulis adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh setiap orang khususnya pelajar. Tapi, bagaimana dengan menulis karya ilmiah, berita, cerita perjalan, dan lain-lain. Tentunya ada cara dan pelajaran yang dapat membuat tulisan seperti itu. Pada tanggal 12 januari 2012, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Pelatihan Jurnalistik. Pelatihan Jurnalistik yang diadakan di Ruang Kuliah B Fakultas Kedokteran Hewan (RK FKH B) ini berlangsung pukul 13.30. Oleh panitia dari UKM Uni Konserfasi Fauna (UKF)  menghadirkan narasumber dari Nasional Geografi Indonesia yaitu Bapak Bayu dan Bapak Agus Prijono yang memaparkan cara dan kiat menulis “ala” Nasional Geografi Indonesia. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah, sebagian peserta yang berasal dari setiap UKM di IPB antusias bertanya dan bertukar fikiran dengan narasumber. UKM Uni Konsrfasi Fauna mengadakan Pelatihan ini bertujuan untuk melatih dan memperkenalkan cara jurnalis Nasional Geografi Indonesia kepada seluruh UKM di IPB khususnya pelatihan bagi anggota UKM Uni Konserfasi Fauna, yang bertemakan “Mengajak Dunia Merasakan Petualangan Kita”.

Pelatihan Jurnalistik ini memaparkan cara dan stategi dalam menulis khususnya di tipe tulisan Adventure. Nasional Geografi Adventure menulis dengan cara dan tulisan yang khas. Menurut narasumber, Pak Agus Prijono dari Nasional Geografi Indonesia, “tulisan itu harus memikat dan relevan”. Dari pelatihan ini, Nasional Geografi Indonesia menerangkan tujuh elemen karya tulisan, sebab menurut narasumber apapun temanya, setiap karya jurnalistik yang bagus memiliki setidaknya tujuh unsur. Tujuh unsur yang di sebutkan yaitu :

  1. Informasi, artinya penulis harus mampu mengungkapkan apa pesan yang akan disampaikan kepada pembaca, dengan cara mengetahui seluruh informasi yang dibutuhkan dalam tema yang akan dituliskan.
  2. Signifikansi, artinya tulisan yang baik memiliki dampak kepada pembacanya dan apa pentingnya yang dapat disampaikan kepada pembaca.
  3. Fokus, artinya tulisan yang sukses biasanya justru pendek, memiliki informasi yang padat dan ringkas (tidak bertele-tele) agar pembeca bisa terus membaca kelanjutan tulisannya.
  4. Konteks, artinya tulisan yang efektif mampu meletakan informasi pada prespektif yang tepat, sehingga pembaca tahu dari mana kisah berawal dan kemana mengalir, seberapa jauh dampaknya bagi kehidupan masyarakat.
  5. Wajah, artinya tulisan yang baik mampu mengambil jarak dan membiarkan pembaca bertemu, berkenalan serta mendengar sendiri gagasan/ informasi/ perasaan dari manusia di dalamnya (Jenis Tulisan Deskripsi).
  6. Bentuk, arttinya Penulis harus kreatif untuk menyusun sebuah bentuk yang memungkinkan pembacanya memiliki kesan komplet yang memuaskan, umumnya berbentuk narasi.
  7. Suara, artinya panjang dan pendek kalimat, alinea harus memiliki nada agar tulisan mampu menciptakan ilusi bahwa seorang penulis tengah bertutur kepada pembacanya.

Selain tujuh unsur yang terdapat dalam karya tulis, narasumber juga menyebutkan bahwa tulisan harus bisa memberikan informasi menarik dan berjiwa, serta dibarengi dengan fakta-fakta yang mendukung. Tulisan yang baik, dapat mendekatkan diri dengan pembaca, dan tentunya pemilihan kosa kata yang baik, EYD dan hal dasar dalam menulis itu penting bagi para penulis untuk pondasi yang kokoh dalam menghasilkan tulisan yang baik, efektif dan populer.

Dari hasil pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh UKM Uni Konseravi Fauna, memberikan dampak posotif bagi para penulis di setiap UKM di Institut Pertanian Bogor. Dan harapannya bisa disebarkan ke seluruh teman-teman mahasiswa IPB untuk menambah ilmu pengetahun dibidang jurnalistik. Karenan menulis adalah salah satu senjata mahasiswa untuk memajukan bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik, serta menjadikan generasi penerus bangsa yang berkompeten dan berwawasan luas.

Share

One Response to Jurnalistik Riset feat Nasional Geografi Indosesia

  1. Muh.Aqam.Gabriel

    kita masi bigung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *