" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Tentang Forces

 

LAUNCHING KABINET BARU 2015

forcess

Bacalah!, Ini Kabinet Baru Forces, Kabinet Baru Era Baru.

Forum for Scientific Studies, Forces IPB, sebagai UKM Keilmiahan satu satunya di Institut Pertanian Bogor yang sebentar lagi genap berumur 12 tahun pada tanggal 12 januari 2015. Selamat datang tahun baru tahun 2015, tahun prestasi.

Saat ini diawal kepengurusan yang baru, waktunya launching nama kabinet untuk satu tahun kedepan. Nama kabinet tahun ini adalah Kabinet Kita Muda. Kita dengan berbagai asal usulnya yang berbeda berusaha menurunkan ego masing masing, karena forces bukan milik Direktur saja, Forces milik #kita. Kita berbeda tapi ada yang sama dari kita, bukan usia, cerita, asal usul, bahkan cita cita kita pun berbeda jiwa kitalah yang sama, jiwa muda. Banyak kesempatan dari para pemuda, tinggal siapa yang dapat memanfaatkan dengan maksimal dialah yang akan diatas. Memang banyak yang memandang sebelah mata yang muda, jadi harus berani berkaya, berani mengambil keputusan dan berani malangkah duluan, karena muda bukan segalanya tapi segalanya berawal dari yang muda.

Pembina UKM Forces adalah Dr. Anuraga Jayanegara, S.Pt M.Sc dan Direktur Forces tahun ini adalah Hendi Okta Kurniawan. Menganut pada rencana strategis (renstra) 15 tahun Forces. Salah satunya adalah Forces Prima Prestasi, Forces Good Advest , Forces Database / Networking, FORCES For Mapres (Inisiasi), dan Forcespreneur (inisiasi).

Penanaman karakter forces akan dilakukan dengan cara penyimbolan, terdapat 4 karakter yang dimuat dalam organisasi Forces IPB, yaitu Produktif, Agamis, Dedikatif dan Inovatif yang disingkat menjadi (PADI). Karakater ini tercetus berkat musyawarah koordinator alumni yaitu Fahmi Nasrullah, Teki Sinatria dengan pembina, serta anggota aktif Forces.

Bogor, 7 Januari 2015

Forces IPB

(Kabinet Kita Muda)

 

 SEJARAH FORCES

Oleh: Kabinet Kupu-Kupu Forces

Ide berdirinya Forces diprakarsai oleh lima Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Angkatan 33 lintas fakultas yang ingin mendirikan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) keilmiahan di IPB. Ide tersebut dikembangkan melalui diskusi yang cukup panjang. Namun, ide tersebut belum sempat terealisasi karena kelima mahasiswa tersebut terlanjur lulus dari IPB. Selanjutnya, ide tersebut direalisasi oleh adik-adik tingkatnya. Hal pertama yang dilakukan adalah mencari nama yang sesuai dengan UKM yang akan dibentuk. Calon dua nama terbaik untuk UKM keilmiahan ini diusulkan oleh dua mahasiswa IPB yaitu Surono (Angkatan 35) dan Anuraga (Angkatan 36). Setelah musyawarah dan mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya usulan yang diterima adalah usulan Surono dengan nama Forum for Scientific Studies yang disingkat dengan nama Forces.

Setelah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah UKM, dilakukanlah presentasi di depan DPM KM IPB pada tanggal 12 Januari 2002. Presentasi ini diketuai oleh Wira (angkatan 37). Beberapa pertanyaan diajukan DPM selama presentasi yang berkaitan dengan tujuan pembentukan Forces dan perbedaannya dengan UKM lain yang sudah terbentuk di IPB. Akhirnya, dalam suasana mendung khas Bogor yang dijuluki Kota Hujan yang mengiringi prosesi pembentukan, UKM Forces pun resmi disetujui sebagai UKM keilmiahan di IPB. Selanjutnya, Forces yang belum mempunyai sekretariat memilih Fakultas Pertanian lantai 2 sebagai tempat berkumpul untuk bertukar pikiran bersama. Pada tahun 2007, Forces memiliki sekretariat yang bertempat di Gedung Student Center lantai 1, Kampus IPB, Dramaga, Bogor. Selain itu, karena pembina merupakan salah satu syarat dibentuknya suatu UKM, anggota Forces angkatan pemrakarsa meminta Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc sebagai pembina UKM Forces.

UKM Forces IPB mengemban tugas layaknya perpanjangan visi dan misi IPB guna menjadikan IPB sebagai universitas yang berbasiskan riset. Visi UKM Forces IPB yaitu: “Menjadikan Forces sebagai UKM sentra keilmiahan yang mampu mengayomi dan menciptakan atmosfer yang lebih ilmiah di Institut Pertanian Bogor”. Sedangkan misi UKM Forces IPB yaitu: Pertama, peningkatan kapasitas dan karakter setiap anggota Forces yang lebih bersaing, baik di ajang nasional maupun Internasional; Kedua, membangun dan memperkuat jaringan yang baik dan berkelanjutan guna mendukung kinerja UKM Forces, baik di dalam maupun luar IPB; Ketiga,menyalurkan informasi-informasi keilmiahan ke civitas akademika IPB secara cepat dan tanggap; Keempat, sinergisasi kelembagaan-kelembagaan strategis yang ada di IPB untuk membantu menciptakan atmosfer keilmiahan; Kelima, menciptakan dan ikut berpartisipasi aktif dalam setiap event keilmiahan kampus, baik oleh IPB maupun kelembagaan lainnya; Keenam, menjadikan Forces sebagai UKM yang mandiri finansial secara kontinu dan realistik; Ketujuh, optimalisasi program community development secara kontinu dan terarah.

UKM Forces IPB dipimpin oleh seorang ‘Direktur’. Direktur yang pernah menjabat di dalam kepengurusan UKM Forces IPB, yaitu: Anuraga (Direktur I), Wira (Direktur II), Tetuko D. W. (Direktur III), Nanang K. (Direktur IV) Hari Bowo (Direktur V), Syahroni (Direktur VI), Aminudi (Direktur VII), Aldian Farabi (Direktur VIII), Septian Suhandono (Direktur IX), Teki Sinatria (Direktur X), dan Mohammad Nizam Mustazim (Direktur XI)

UKM Forces IPB terdiri dari beberapa Departemen dan Sub-Departemen, diantaranya: Departemen Human Resource Development (HRD), Departemen Research and Education (Risedu), Sub-Departemen Riset, Departemen Service, Sub-Departemen Pelayanan dan Kominfo, dan Departemen Community Development (Comdev). Setiap departemen dan sub-departemen menjalankan tugasnya dengan mandat yang dipegang masing-masing. UKM Forces IPB berdiri atas asas bersama, yakni kebersamaan dengan mengedepankan suasana kekeluargaaan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *