" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

“Merawat Pepaya Callina I” – Dept Community Development

“B

ersama Komunitas Tertentu, Maju Menuju Kemandirian“. Inilah tema besar yang  diusung Departemen COMDEV- FORCES IPB 2012 untuk Program ‘SCIENTIA’. Scientia merupakan salah satu program  andalan Dept.COMDEV-FORCES IPB 2012 yang menitikberatkan dalam pengabdian scientist pada pengembangan masyarakat. Scientia tahun ini merupakan keberlanjutan program “Budidaya Pepaya Callina” yang telah dirintis di Tahun kepengurusan sebelumnya. Program Scientia di tahun ini Insyaallah akan melalui 3 tahapan ( Proses perawatan, Proses pengolahan hasil, Distribusi dan marketing). Program ini Insyaallah diadakan selama satu tahun kepengurusan.

Alhamdulillah Program “Budidaya Pepaya Callina-IPB 09” oleh Dept.COMDEV FORCES IPB di tahun 2011 dilaksanakan di Desa Cihideung Ilir, Bogor, Jawa Barat telah menyelesaikan program hingga proses pelatihan pembuatan / pengolahan pepaya Callina IPB 09 menjadi Papaya Soft Candy . Namun belum seutuhnya memakai pepaya hasil budidaya yang telah dilakukan, mengingat tanaman budidaya yang belum bisa berproduksi dengan baik (masih dalam tahap perawatan) di akhir kepengurusan 2011.

Tim Comdev 2012 pada  Minggu, 21 Januari 2012. Melalui mitra yang telah dibangun antara Comdev dengan  masyarakat Desa Cihedeung Ilir, kembali mengadakan kegiatan Scientia (Perawatan Tanaman Budidaya I). Kegiatan kali ini berlangsung dengan baik dan penuh antusias. Scientia kali ini dihadiri oleh Bapak Awang (Petani Kelurahan/tangan kanan Lurah) dan 4 orang masyarakat (petani) serta sebagai pelaksana Dept.Comdev  dihadiri oleh Ketua departemen, Pauzi, mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia ( FEMA) IPB departemen Gizi Masyarakat 2010.

Kegiatan  ini dilaksanakan pukul 08.00-13.00 WIB, proses perawatan tanaman budidaya ini dilakukan  bersama masyarakat mulai dari proses penyiangan, pemberian pupuk, dan pembuatan bedengan. perawatan I ini masih merupakan tahap awalan, dari Dept.Comdev sendiri akan mengagendakan controlling berkala hingga memungkinkan untuk beralih ke tahap selanjutnya (Pemanenan hasil budidaya sekaligus pengolahan). Pada akhirnya harapan kemandirian itu semoga terwujud melalui sumbangsih pemikiran para scientist muda untuk negeri yang jauh lebih baik……

Muda bekerja untuk negeri, dengan komunitas tertentu muda belajar merawat Indonesia.

Maju bersama menuju kemandirian!

FORCES!!!

GO, SCIENTIST!!

Contact Person :         Pauzi (085275510990)

Sebelum perawatan

Setelah perawatan

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum perawatan

Setelah perawatan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *