" />
browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Sekolah Forces 1

Sekolah FORCES Perdana :

“Welcome to Researchers World with Scientifics and Best Spirit”

 

oleh

Ahadyah Ayu Umaiya (Biologi 48/FMIPA)

Dept. Human Resource Development FORCES 2012/2013

 

Satu minggu setelah Launching Sekolah Forces (SF) yang diselenggarakan pada hari Ahad tanggal 17 Februari 2013 menjadi awal dimulainya SF yang akan diikuti oleh anggota muda FORCES 10. SF perdana ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2013 pukul 08.00-10.30 WIB. SF menjadi penting karena mengingat dari wadah inilah anggota muda FORCES 10 akan ditempa menjadi bibit-bibit sebagai calon seorang ilmuwan sejati. Sekolah FORCES (SF) merupakan program kerja HRD yang bertujuan membentuk FORCES 10 sesuai dengan 7 Korporat Sekolah FORCES yakni takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan luas, terampil dan dapat bekerja sama, disiplin berani dan patriotis, toleransi dan mampu mengendalikan diri, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, serta peduli dan bermanfaat bagi sesama.

SF perdana ini dibuka oleh dua orang MC, Asep Andi (TMB 47) dan Essy Emiati (AGH 48) pukul 08.00 WIB. Dengan pembawaan mereka yang humoris, mereka cukup mampu menghidupkan suasana. Agar SF menjadi suatu kegiatan yang berkah maka diawali dengan pembacaan tilawah oleh M. Aulia Syahidurrahman (STK 48). Kemudian dilanjutkan sambutan dari M. Tresna Muharam (GFM 48) selaku Kepala SF dan Teky Sinatria (ESL 47) selaku Direktur FORCES periode 2012/2013. Dalam sambutan mereka menekankan pentingnya semangat dan motivasi dalam menulis. Menulis harus menjadi kebutuhan dasar seorang scientist. Kepsek SF menambahkan bahwa seorang scientist harus menjadi seperti sarang laba-laba yang dibuat dengan lembut, kuat dan berkarakter. Semua itu dibutuhkan sebagai pondasi menjadi seorang scientist sejati.

Antusiasme dan semangat para FORCES 10 di ruangan B1C1, Fakultas Pertanian IPB,  semakin terasa ketika ketika drh. Andriyanto, M.Si, dosen Fakultas Kedokteran Hewan, memberikan materi berjudul Keilmiahan dan Semangat Berkarya. Pengalaman beliau menulis di dunia keilmiahan selama menjadi mahasiswa dan dosen di IPB ditularkan kepada 41 orang anggota FORCES 10 yang hadir di SF perdana pagi itu. Bapak Andriyanto menuturkan, “Pelajari strategi yang diterapkan oleh Tsun Tzu, seorang panglima perang terbesar Cina. Strategi itu juga dibutuhkan oleh seorang scientist. Apa saja? Sadari kemampuan diri, pelajari kompetisi yang akan diikuti dan kemampuan lawan, serta jangan berperang jika tidak ingin menang. Jika masih terdapat kekurangan dalam dirimu maka perbaiki kekurangan tersebut. Ingin menulis paper tetapi belum bisa bahasa Inggris, maka ya harus belajar bahasa Inggris. Jangan malah tidak melakukan apa-apa. Demikian itu sama dengan berkhayal.”

Beliau juga menekankan untuk selalu bekerja keras dan latihan. Orang yang sukses adalah orang-orang yang banyak mengorbankan waktunya untuk kesuksesan dirinya. Jika ingin bergerak di bidang keilmiahan maka sifat yang dibutuhkan adalah kreatif, logis, sistematis, kerja keras, tidak mudah mengeluh, sabar, konsisten, percaya diri dan tingkah laku yang baik. Diskusi semakin menarik ketika peserta melakukan diskusi dengan beliau. Tidak terasa satu jam lamanya, beliau mengisi materi inti SF. Beliau menutup materinya dengan kata-kata bijak ke FORCES 10, “Menunda belajar berarti menabung derita. Tingginya gunung, jauhnya jarak, dan sulitnya tujuan dapat ditaklukkan dengan melangkahkan setapak demi setapak. Melangkahkan kaki meski kecil akan mampu membawa ke puncak gunung. Semangat berkarya untuk FORCES!”

Tepuk riuh mengiringi closing statement dari pemateri. Tepat pukul 10.30 WIB setelah penyerahan kenang-kenangan kepada drh. Andriyanto, M.si dan pembagian kelompok kecil SF ditemani BPH FORCES, SF perdana ditutup kembali oleh MC. Semoga semangat baru untuk menjadi seorang scientist sejati terbentuk di SF perdana ini. SF mampu menjadi pionir untuk menggerakkan anggota muda FORCES agar semakin mencintai dunia kepenulisan dalam arti luas. Lalu, mereka mampu menjadi scientist yang berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mengepakkan sayap bukan hanya untuk diri mereka sendiri tetapi juga untuk orang-orang di lingkungan sekitar.

At last, welcome to Researcher’s World with Scientifics and Best Spirit, FORCES 10! Show us that you all can do it. We believe that you all are an emerald the next scientist. (AAU)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembicara SF 1 drh. Andriyanto, M.Si

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyampaian Materi SF 1 oleh drh. Andriyanto, M.Si

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi Kelompok Kecil Forces 10 dengan BPH

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto bersama pengurus SF dengan Forces 10

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *